19.10.11

Serba Serbi Softlens

"Ke, ajarin pake softlens dong.."

"Ke, merek softlens apa yang bagus?"

"Ke, anterin beli yah..."

Don't know why banyak teman yang bertanya tentang softlens ke aku, beberapa sih karena keperluan wedding yang ingin mata nya terlihat beda. Nah, oleh karena itu aku berfikir, kenapa engga dibahas disini, yuk mari disimak, girls...

Softlens – apa sih softlens tuh? Itu loh silikon tipis yang dimasukin ke mata dan secara instan membuat mata kita lebih berwarna. Sebenernya softlens pada awalnya memang diciptakan untuk mengganti penggunaan kacamata untuk para penderita mata minus (seperti aku), tapi saat ini, softlens sudah jadi barang kebutuhan para pere-pere buat mempercantik penampilan mereka even tidak bermata minus.

Cara Memakai Softlens

Aku memakai softlens baru sekitar 3 tahunan belakangan ini saja, walaupun keinginan buat memakai sudah lama, gara-gara cara pemakaiannya itu yang harus dimasuk-masukin ke mata, gimana ya nantii ituuu masuk, sakit ngga ya? Perih ngga ya? Ganjel ngga ya? Aman ngga buat mata? Pertanyaan-pertanyaan itu musnah sudah sejak aku mencoba softlens untuk pertama kalinya. Biar lebih enak, aku jelasin step-step ya gimana cara pakainya, mungkin cara pakai ini bukan standard internasional (hayyah) tapi paling engga ini caraku (apa caramu? *loh) hihihi..

Harus sedekat ini dengan kaca - contohnya yaaa..

Step-step memakai softlens :

1. Make sure tangan kita bersih, cuci tangan dulu pakai sabun dan bilas sampai benar-benar bersih. Lalu, keringkan tangan kamu, karena lensa sangat lunak/lentur jadi bisa mendatar/tidak melengkung  jika jari kamu basah.

2. Ambil softlens dari tempatnya lalu letakkan ditelunjuk tangan sebelah kanan.

3. Arahkan wajah ke kaca, sedekat mungkin, supaya kita bisa melihat dengan jelas peletakkan softlens kedalam bola mata.

4. Tangan sebelah kiri melebarkan kelopak mata  bagian atas, lalu telunjuk kanan menempelkan softlensnya ke bola mata (pada step ini kamu ngga perlu takut, kuncinya adalah jangan kedip, meski secara refleks mata akan berkedip, tapi kamu usahain tahan, dan lihat ke kaca) – lakukan dikedua bola mata kamu.

5. Voailaaa... Setelah nempel sempurna, kedip-kedip mata kamu sebentar, lalu teteskan tetes mata khusus softlens (do not use insto or visine).

Step-step mencopot softlens

1. Make sure tangan kita bersih, cuci tangan dulu pakai sabun dan bilas sampai benar-benar bersih. Lalu, keringkan tangan kamu.

2. Teteskan obat tetes mata khusus softlens, kedip-kedip mata kamu.

3. Arahkan wajah ke kaca, sedekat mungkin, supaya kita bisa melihat dengan jelas lens yang akan kita lepas.

4. tangan sebelah kiri melebarkan kelopak mata  bagian atas, lalu telunjuk kanan dan jempol mencubit pelan lens yang ada dibola mata kamu.

5. Letakkan softlens di tangan terbuka sebelah kiri, tuangkan solution/pembersih khusus softlens secukupnya.

6. Gosok lens perlahan menggunakan telunjuk kanan kamu, lakukan sekitar 2-3 menit (biasanya aku mengulanginya 2 kali).

7. Masukkan lens kedalam tempatnya dan rendam dengan solution yang cukup.

Pemilihan Merek dan Warna

Hmm basicly sih menurutku untuk merek softlens cocok-cocokan dalam hal kelebaran diameter lens ataupun kadar airnya, katanya sih semakin tinggi kadar air, semakin nyaman dan ngga kerasa pakai softlens. Aku juga concern ke warna, sebaiknya karena kita orang Indo, pilihan warnanya ke yang natural saja seperti grey dan brown, for me kelihat maksa aja kalau ada yang pake warna biru mentereng atau hijau mentereng, kurang sesuatu dan bukannya membantu mata jadi lebih tajam, justru malah terlihat aneh (kecuali memang berkonsep/crazy lens). 

Aku pernah coba A+, X2, Newlook, ketiganya hampir sama, nyaman dan warna-warnanya cocok dimata aku, cuma Newlook agak sedikit lebih tipis dari yang lainnya (kebetulan 3 hari yang lalu baru robek *sedih*)

Newlook in grey (3 tones)

X2 Spice in Honey Brown - indoor - with flash

X2 Spice in Honey Brown - outdoor - without flash

Karena kepengeeen banget, akhirnya aku coba pake warna green (which is my fav colour), dan setelah pilih sana pilih sini, aku menentukan pilihan ke ICE N7 in Mint. Hasilnya tidak sengejreng yang dibayangkan loh, sukaa banget efeknya ke mata aku, terutama untuk pemakaian malam hari, i feel so gorgeous *pede abis*

what do you think?


Sekarang ini juga lagi demam softlens korea dengan warna yang lucu-lucu, efek barbie dengan diameter yang lebih besar dari biasanya. Aku pernah coba merek Geo, lagi-lagi yang grey, pendapatku sih yaa lumayan bagus warnanya, cocok juga ke muka aku, tapi aku kurang nyaman, entah kenapa rasanya ganjel dimata dan sering perih tiba-tiba. Udah gitu, karena penjualannya kebanyakan online shop, kita ngga bisa bebas coba dan liat bagusnya di mata kita, kalau model-model disamplenya jelas bagus dan cantik-cantiklah yaaa.. hehehe.

Geo in Brown - maaf fotonya jelek, hasil crop sana sini :D

minjem softlens temen, X2 Spice - Blue (kalo ngga salah)

PENTING

Intinya dalam pemakaian maupun pencopotan lens semua harus bersih, make sure tangan kita bersih, tempat lens kita bersih, dan bersolution cukup. Saat softlens tidak dipakai, harus sering dicek, karena somehow air solutionnya lama-lama habis, harus rutin ditambah dan diganti. Trus kalau kamu mau make-up pake dulu softlensnya baru dimake up, jangan lakukan sebaliknya.

Kalau dalam pemilihan merek dan warna, sebelum membeli, kita harus benar-benar coba di mata, yang kita lihat bagus dimata orang belum tentu bagus dimata kita, so harus benar-benar yakin dan pas dihati dan nyaman dimata. Saran aku sih pilh warna grey or brown aja yang paling cocok buat mata orang Indo.

Masa pemakaian softlens itu bermacam-macam, umumnya 3 dan 6 bulan, kata beberapa penjual sih kalau kita memakainya benar dan apik, bisa jadi lebih lama dipakainya, tapi aku sarankan jangan mengambil resiko, jika memang masa pemakaiannya sudah hampir habis lebih baik diganti dan beli baru.

Hindari kuku panjang, karena lens itu sangat tipis dan sensitif lebih baik kuku kamu jangan terlalu panjang, terutama dijari telunjuk sebelah kanan, untuk menghindari softlens robek.

Teteskan obat tetes khusus softlens jika kamu memakainya seharian, untuk menghindari mata kering dan iritasi.

Jangan pernah lupa copot softlens sebelum tidur!! Aku pernah kelupaan dan masih memakai softlens saat tidur, pas bangun mata nggak enak banget, perih, merah, dan pas aku copot softlesnya, bola mata nyeplak softlensnya gituu.. huwaaa... don’t ever do this!


So.. semua balik ke kamu lagi girls.. segalanya butuh perawatan, harus disiplin dan apik. 


Semoga penjelasan singkat tentang softlens ini membantu kamu yah.. 


Cheers!



6 komentar:

  1. hi suhu per-softlens-an.. tanggungjwaaab aku nagih neh... jadi tambah berasa makin keceee yah cyiin pake itu *kadar kePDan ak bertambah sejak berjumpa dengan kamu :p*


    btw makasih yaaaah udah nganterin beli+ ngajarin pake SOFTLENS... *kiiiiiiiiissssss*

    BalasHapus
  2. asyeeeeekk nagih.. ayo dibeli yg brownnya jugaaaa.. biar makin "sesuatu".. oyaah? baguuss calon manten harus pede :D

    sama2 darlingggggg.. happy to help.. *kisssss u backkkk :*:*:*

    BalasHapus
  3. Beli softlens di lensza.co.id saaayyy, banyak promonya loohh

    BalasHapus
  4. Terima kasih dan salam kenal.
    Tolong kunjungi balik web saya http://bahanalami87.blogspot.com/
    Bahan alami

    BalasHapus
  5. Hi sista...

    Add ig : softlensmu

    Thx

    BalasHapus
  6. Spexsymbol Online menjual berbagai macam koleksi softlens warna terlengkap, mulai dari merk Softlens X2, Softlens ICE, Softlens a+, Zuhra, Salsabila, Eye Candy. Semua produk softlens yang kami jual memiliki ijin KEMENKES dari RI.

    Silahkan kunjungi website kami di www.spexsymbol.com Dapatkan Freegift, Free Voucher 25K & Free Shipping ke seluruh wilayah Indonesia untuk pembelian Softlens di Spexsymbol

    BalasHapus

wibiya widget